INFORMATION

Pengertian Manajemen Pergudangan Modern Dan Kegiatannya

February 23, 2017

Dalam setiap produksi kita tentu mengenal apa yang dimaksud dengan gudang, yang merupakan tempat menyimpan berbagai barang produksi baik barang siap jadi ataupun bahan baku. Dan untuk menjaga agar proses distribusi logistik tetap terjaga dengan baik, maka setiap perusahaan produksi harus memahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan manajemen pergudangan.

Pada umumnya, sistem manajemen gudang bisa dikatakan sebagai sebuah cara mengelola sebuah aktifitas yang saling berkaitan antara satu dan yang lainnya dalam hal penyimpanan barang sementara. Dan seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kegiatan ini bisa dibagi atas penerimaan bahan baku, atau barang setengah jadi dari pemasok, serta menangani setiap distribusi keluar masuk barang ke berbagai tujuan.

Dalam manajemen gudang, setidaknya ada beberapa kegiatan umum yang rutin terjadi, antara lain:

1. Kegiatan administrasi

Dalam manajemen gudang, terdapat kegiatan administrasi yang berupa pengeluaran serta pemasukan dana yang ada pada perusahaan. Segala bentuk kegiataan pengeluaran dan pemasukan semuanya dilakukan dalam administrasi dan harus dicatat demi memudahkan seluruh kegiataan produksi berikut dengan pengembangannya yang berkaitan dengan pergudangan tadi.

2. Penerimaan barang

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penerimaan barang diatur secara penuh dalam manajemen gudang. Hal ini bertujuan untuk dapat melakukan pemetaan jumlah dana ataupun biaya produk yang akan didapatkan oleh perusahaan.

3. Penyimpanan barang

Setelah penerimaan barang, kemudian akan dilakukan kepada tahap penyimpanan barang di gudang perusahaan. Segala yang tersimpan di dalam gudang harus diperhatikan keamanannya. Untuk itu hampir seluruh perusahaan –perusahaan besar menggunakan sebuah pallet untuk menjaga keamanan produk mereka. Untuk mendapatkan berbagai pallet yang berkualitas bisa di Safeway.co.id, salah satu distributor resmi pallet plastik Jakarta.

4. Pengepakkan barang

Proses packaging ataupun pengepakan barang biasanya dilakukan untuk mencari tahu apakah barang atau produk tersebut dalam keadaan siap edar dan kondisi terbaik untuk kemudian di lempar ke pasaran. Untuk itu, proses packaging ataupun pengepakan juga termasuk kedalam manajemen gudang.

5. Pengeluaran barang

Bila tadi telah dibahas mengenai pemasukan barang, maka sebaliknya pengeluaran barang juga dicatat dan menjadi bagian dalam manajemen gudang. Selain untuk mencatat biaya yang dikeluarkan, proses pencatatan ini juga dilakukan untuk menciptakan proses distribusi yang efisien dan teratur.

sumber: www.safeway.co.id